logo

on . Hits: 82

HAKIM TUNGGAL PENGADILAN AGAMA RAHA BERHASIL GAGALKAN PERKAWINAN DINI

Pada hari Rabu, 20 Januari 2021 Pengadilan Agama Raha menyidangkan sembilan perkara. Diantara sembilan perkara tersebut, terdapat dua perkara dispensasi nikah yang terregister dengan nomor perkara 6/Pdt.P/2021/PA.Rh dan 7/Pdt.P/2021/PA.Rh.

Sebelumnya, Ketua Pengadilan Agama Raha telah menunjuk hakim tunggal dalam menangani perkara tersebut sesuai Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin yang mengharuskan agar perkara dispensasi kawin diperiksa oleh hakim tunggal. Selanjutnya Hakim tunggal yang mendapatkan amanah menangani perkara tersebut yaitu Bapak Badirin, S.Sy.,S.Hum. Beliau adalah seorang hakim Pengadilan Agama Raha yang telah tersertifikasi SPPA (Sistem Peradilan Pidana Anak), hal itu menjadi penting sebab secara umum pemeriksaan perkara dispensasi kawin memerlukan skill dan knowladge tersendiri karena yang hadapi bukan pihak yang sudah dewasa melainkan masih anak-anak.

WhatsApp Image 2021 01 20 at 14.58.43

Penunjukan ketua Pengadilan Agama Raha tersebut nyatanya sangat tepat, karena dua perkara yang disidangkan oleh Bapak Badirin, S.Sy.,S.Hum berakhir dengan pencabutan, artinya dua perkawinan dini berhasil digagalkan. “Saya berusaha menasehati para Pemohon tentang wajib belajar 12 tahun bagi anak, kesiapan organ reproduksi anak yang bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janinnya, kesiapan psikologi dan mentalnya yang dapat berpotensi perselisihan pertengkaran dan kekerasan dalam rumah tangga. Alhamdulillah, para pihak terketuk hatinya dan bersedia mengurungkan niatnya untuk menikahkan anak yang masih berusia 17 tahun dan 16 tahun itu.” Tutur Bapak Badirin, S.Sy.,S.Hum.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Raha II, Katobu, Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi