logo

on . Hits: 151

PELATIHAN SOFT SKILL DARI BANK BRI UNTUK PETUGAS PTSP (PELAYANAN TERPADU SATU PINTU) DI PENGADILAN AGAMA RAHA

Tim IT PA. Raha (Dwi)

Sabtu, 05 September 2020

Bertempat diruang sidang Pengadilan Agama Raha diadakan Pelatihan Standar Layanan pada PTSP pada Pengadilan Agama Raha bekerjasama dengan Bank BRI Cab. Raha yang mana acara tersebut diikuti oleh seluruh Pegawai PA.Raha, mulai dari ketua, wakil ketua, para hakim, bagian kepaniteraan, bagian kesekretariatan serta pegawai honorer PA.Raha.

Acara tersebut dipandu oleh ibu Asriani, SH, acara diawali dengan pembukaaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan hymne Mahkamah Agung, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Raha, Subianto Nugroho., SHI.,S.Pd.,Si. Dalam sambutannya KPA Raha mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada perwakilan pihak BRI, Bapak Jance Paburru (Manager Operasional BRI Cab. Raha) serta kehadiran seluruh pegawai yang meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Serta memberi penekanan kepada pegawai agar menyimak secara seksama paparan yang disampaikan lalu KPA Raha membuka secara resmi acara tersebut dengan ucapan bismillahirrohmanirrohim.

05885bf9 db72 4c94 b87d 0ba1ba81a05d

Sebelum acara penyampaian materi dimulai dibacakan doa, dipandu salah satu honorer PA. Raha Muh. Syarifudin Rahim, S,HI.,M.H, setelah itu dilanjutkan ke acara inti yaitu Pelatihan Standar Layanan dari perwakilan Bank BRI, Pak Jance Paburru panggilan akrab beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada PA.Raha yang bersedia mengundang beliau dalam acara tersebut, dan banyak hal yang disampaikan dalam paparan beliau tersebut.

Mulai dari dasar hukum dasar standar layanan yang diatur dalam keputusan menteri pemberdayaan aparatur Negara No : 63 tahun 2004 yang mana ada pedoman yang harus dilakukan untuk mencapai pelayan prima kepada para pencari keadilan diantaranya : kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamaman, keterbukaan, efesiensi, ekonomis, keadilan dan pemerataan serta ketepatan waktu, dengan berpedomanan dan sebisa mungkin merubah mainsite yang ada pada diri ASN (Aparatur Sipil Negara) khususnya PA Raha, “kita adalah pelayan masyarakat bukan dilayani oleh masyarakat”, agar dalam aplikasinya nanti bisa melayani dengan sepenuh hati dan membuang masalah yang ada di luar kantor agar kita semakin focus memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan

Pak Jance Paburru memberikan penegasan jika apa yang disampaikan ini hanyalah teori yang tidak akan bisa berjalan dengan sempurna tanpa adanya latihan dan keseriusan dalam melakukan perubahan dalam diri pegawai demi kemajuan kantor PA. Raha, sebab layanan itu sangatlah penting karena itu akan membawa citra yang positif bagi istitusi yang menjalankan pelayan prima sehingga akan muncul pemahaman di masyarakat jika Pengadilan Agama yang berada di bawah Mahkamah Agung mampu memberikan pelayan sesuai standar bank dimana bank merupakan lembaga profit sedangkan Pengadilan bukan non profit akan tetapi memberikan pelayan yang nyaris sama denan bank.

1ff08ba0 bf64 4807 93d7 481c813030a1

Setelah itu dilanjutkan dengan praktek customer service, oleh pegawai Pengadilan Agama Raha mulai dari security, penjaga sidang, bagian informasi sampai jurusita yang mana secara langsung berinteraksi dengan para pencari keadilan, baik itu dari cara berpakaian, menerima tamu atau menyambut tamu yang datang, memeberikan informasi produk pengadilan dan inovasi yang ada agar para pencari keadilan merasa puas.

Ada hal menarik dalam acara tersebut karena, karena seluruh pegawai di bagian yang bersinggungan langsung dengan masyarakat memerankan peran baik sebagai pihak yang santun sampai pihak yang marah-marah pun juga deperagakan dengan baik kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dari setiap adegan yang diperagakan apakah sudah baik apa belum sehingga menjadi solusi yang baik jika terjadi hal-hal semacam itu sehingga sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan tanpa terasa acara yang diawali dari pukul 08.00 wita tersebut mencapai puncaknya karena pegawai sangat antusias menyimak paparan dan contoh yang diberikan tidak sadar waktu telah menunjukakkan jam 12.00 wita, akhirnya acara tersebut disudahi dan ditutup dengan ucapan Alhamdulillah serta dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Raha II, Katobu, Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi