logo

on . Hits: 185

PA Raha - Pada hari Kamis 09 Juli 2020, Pengadilan Agama Raha melaksanakan sidang di luar gedung pengadilan. Sidang di luar gedung pengadilan tersebut dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara yang disidangkan oleh majelis hakim yang diketuai Drs. Mustafa, M.H, serta Muhammad Ubayyu Rikza, S.H.I., Badirin, S.Sy, S.Hum yang masing-masing sebagai hakim anggota dan didampingi oleh H. Abdul Haq, S. Ag, M.H sebagai Panitera.

4b998c2c ed6e 46c1 994f 78b08f9bbffb

a2ed5655 b338 4f26 9e44 35fb13d06765

Sidang yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan tersebut, diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Hal tersebut sebagai dasar dipilihnya kecamatan Kulisusu sebagai lokasi sidang, mengingat kecamatan Kulisusu adalah daerah terjauh yang ada dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Raha. Sebab, untuk menjangkau daerah tersebut harus menyeberang menggunakan kapal “speed” sekitar satu jam, ditambah perjalanan darat sekitar tiga jam melewati hutan dengan medan yang cukup ekstrim.

b516f76f 5ab7 4060 b9f0 312105fb4f7c

Oleh karena itu, untuk mempermudah setiap warga negara yang tidak mampu atau sulit menjangkau lokasi kantor Pengadilan karena hambatan biaya atau hambatan fisik atau hambatan geografis, Pengadilan Agama Raha bergerak aktif memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat pencari keadilan sebagaimana yang ada dalam Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu.

Pada pelaksanaannya, Majelis hakim memutus tiga perkara cerai gugat dan selebihnya persidangan berjalan dengan lancar. Pada kegiatan tersebut, masyarakat memberikan apresiasi dan berharap kegiatan sidang di luar gedung pengadilan dapat dilaksanakan secara taratur karena sangat membantu bagi para pencari keadilan. Dalam kesempatan itu juga, ketua majelis yang juga sebagai ketua Pengadilan Agama Raha menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Raha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Raha II, Katobu, Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi