Muna Barat- Isbat Nikah Terpadu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun yang melibatkan pemerintah Kabupaten Muna Barat, senin, 22 Juli 2019 mengadakan rapat Rapat persiapan program pemerintah kabupaten. Muna Barat menggelar sidang. Dibagikan yg diikuti 3 Istansi Pemerintah daerah Muna Barat, Kementrian Agama Muna Barat & Pengadilan Agama Raha.

Sementara tujuan akan diadakan istbat nikah terpadu untuk meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat khusus kabupaten. Muna barat yang belum memiliki buku nikah, dan diharapkan melalui program ini pengadilan Agama Raha, dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat. Pencari perizinan untuk mengatur dan mengesahkan pernikahan yang tidak disetujui administrasi hukum.

Kegiatan ini sangat positif, dan sangat membantu masyarakat tidak mampu untuk memiliki legalitas yang jelas terhadap pernikahannya, dan status hukum untuk anak-anak yang lahir dari pernikahan sirri, dan berharap kerjasama dengan ini dapat terjalin terus, guna kabupaten Muna Barat.